Gaji Gue Cukup Nggak Ya Buat Kebutuhan Lebaran Nanti? Gimana Triknya Biar Bisa Cukup?

Masalah ini bukan hanya gue yang ngadepin, tapi banyak orang akan merasa serupa. "Kira-kira gaji gue cukup nggak ya buat lebaran nanti?!"




Pertanyaan macam gini bukan hanya dihadepin oleh pegawai yang gajinya di bawah UMR, bahkan yang gajinya sudah selangit pun kadang masih muncul pertanyaan macam begini.

Iya sih, kebanyakan orang itu ketika penghasilannya bertambah, biasanya pengeluarannya ikutan nambah. Jadinya berapapun peningkatan gaji yang didapetin, kalau pengeluaran juga meningkat pesat ya sama aja.

Tapi biar clear, gue gak akan introduction terlalu berlama-lama, tapi bakal ngasih trik nih biar bisa cukup dengan gaji berapapun untuk menuhin kebutuhan lo saat lebaran nanti. Gini nih yang perlu lo lakuin.

1. Ambil kertas terus rinci apa aja nanti biaya yang lo akan keluarin

Misalnya aja yang perlu lo beli ini:

  • beli baju, sarung, peci, pakaian muslim,
  • makanan, kue kering, minuman, sirup,
  • biaya transport buat mudik
  • zakat
  • dll

Dll ini bisa berarti banyak. Misalnya gue perlu ngasih angpao buat anak-anak tetangga dan keponakan, juga buat dana cadangan, dan lain-lain lagi. :D

Terus, kalau pos pengeluaran udah lo tentuin, sekarang rinci dengan anggarannya. Di tiap pos itu berapa uang yang lo alokasikan. Misalnya nih untuk beli baju dan pakain muslim buat lo sekeluarga taruhlah dianggarkan Rp 2 juta. Cukup nggak ya kira-kira?

Terus untuk makanan, kue kering dan segala macam urusan "perut" ini lo anggarin Rp 4 juta. Terus untuk baiya transport, lo anggarin Rp 2 juta. Ditambah zakat Rp 1 juta. Terus untuk biaya lain-lain mungkin Rp 2 juta. Total Rp 9 juta.

Mungkin lo mau protes, "eh gaji gue nggak nyampe segitu!"

Sabar... tenang dulu... bentar lagi gue kasih triknya.

2. Sesuaikan dengan kondisi lo dan cari cara buat berhemat

Nah, di poin kedua ini yang terpenting. Nggak peduli berapapun gaji atau penghasilan lo, tapi lo harus sadar diri dengan kemampuan lo. Itu artinya rincian tadi bisa kamu sesuaikan sendiri.

Mungkin lo protes lagi,"udah gue itung, tapi tetep aja nggak cukup. Gimana dong?"

Kalau itu kondisi yang lo hadapin, ini yang perlu lo lakuin,

- Cari Dan Manfaatin Promo Diskon Belanja Lebaran
Gimana nyarinya? Cari aja di situs belanja online, pasti bakalan ketemua. Seperti yg disini banyak sale lebaran yang bisa lo temui. Bukan hanya untuk produk fashion, tapi untuk kosmetik, dan peralatan traveling pun ada.



Ini yang perlu kamu lakuin pertama kali saat belanja. Cari dan temukan promo untuk produk yang lo inginin. Misalnya baju A yang lo taksir ternyata diskonnya kecil, tapi ada baju B yang modelnya mirip-mirip dan dapat potongan harga lebih gede. Ya, lo mesti pilih baju B biar bisa lebih hemat.

Nggak hanya buat baju lebaran aja, tapi kalo bisa buat semua kebutuhan lebaran lo, misalnya saat cari kue kering, cari yang ada label promonya. Cari tiket mudik juga gitu. Lo cari yang tiketnya lagi promo.

Dengan cari ini minimal akan membantu buat menghemat anggaran pengeluaran kamu saat lebarn.

NB: kecuali untuk zakat dan angpao buat krucil itu nggak perlu lo diskon juga ya :D